Pentingnya model bisnis dan perencanaan bisnis dalam memulai wirausaha.

26 Oktober 2016
Pentingnya model bisnis dan perencanaan bisnis dalam memulai wirausaha - Istilah model bisnis mungkin sangat jarang bagi kaum awam seperti saya contohnya, pendefinisiannya yang begitu sulit dicerna membuat model bisnis susah dimengerti, dan model bisnis seperti apa yang cocok dengan calon usaha yang akan dijalankan.

 Menurut definisi wikipedia Model bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. Istilah model bisnis, karena itu, dipakai untuk ruang lingkup luas dalam konteks formal dan informal untuk menunjukkan aspek inti suatu bisnis, termasuk mencakup maksud dan tujuan, apa-yang-ditawarkan, strategi, infrastruktur, struktur organisasi, praktik-praktik niaga, serta kebijakan-kebijaan dan proses-proses operasional. [id.wikipedia.com] Banyak sekali pelaku bisnis menulis perencanaan bisnisnya tanpa di dasari model bisnis sehingga membuat perencanaan bisnisnya hanya bertahan setahun dua tahun, model bisnis menjadi pondasi dalam pembuatan perencanaan bisnis jangka panjang, sebagai contoh model bisnis yang banyak di gunakan adalah model bisnis kanvas dimana bisnis Model Canvas merupakan model bisnis yg terdiri dari 9 blok area aktivitas bisnis, yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat, bisa memenangkan persaingan dan sukses dalam jangka panjang. Bisnis Model Canvas ini memiliki ciri khas dengan 9 blok model yang jika disatukan akan menjadi satu kesatuan bisnis, berikut ini penjelasannya :


  1. Customer Segments - Segmen pelanggan adalah berbagai kelompok orang atau organisasi yang ingin diraih atau dilayani oleh perusahaan. Untuk siapa kita menciptakan nilai tawar? Siapa pelanggan yang paling penting dari bisnis kita? 
  2.  Value proposition - Nilai tawar/nilai unggulan adalah beberapa produk atau jasa yang mempunyai nilai untuk ditawarkan ke Segmen Pelanggan. Kebutuhan pelanggan yang mana yang akan kita penuhi? Rangkaian produk dan jasa apa yang bisa kita tawarkan untuk setiap Segmen Pelanggan. 
  3.  Channels - Saluran adalah cara bagaimana perusahaan mengkomunikasikan Nilai Tawar dan menjangkau serta menyalurkan Nilai Tawar ke Segment Pelanggan. 
  4.  Customer Relationships - Hubungan pelanggan merupakan jenis hubungan yang dibangun perusahaan dengan Segmen Pelanggan untuk menjaga loyalitas mereka. 
  5.  Revenue Streams - Alur pendapatan merupakan uang kas yang dihasilkan perusahaan dari setiap Segmen Pelanggan. Untuk Nilai Tawar apa pelanggan kita bersedia membayar? bagimana cara membayar, kas atau kredit? Berapa kontribusi setiap Alur Pendapatan terhadap total pendapatan? 
  6. Key Resources - Sumber daya utama menjelaskan aset-aset paling penting yang dibutuhkan untuk membuat model bisnis ini berjalan. Sumber daya utama apa yang dibutuhkan oleh Nilai Tawar/Unggulan? Channel? Hubungan Pelanggan? Alur Pedapatan? 
  7.  Key Activities - Kegiatan utama adalah kegiatan paling utama yang harus dilakukan perusahaan untuk membuat model bisnis berhasil. 
  8.  Key Partners- Rekanan utama adalah jaringan supplier dan rekanan yang membuat model bisnis berhasil. Siapa rekanan utama kita? Sumberdaya Utama mana yang kita butuhkan dari rekanan? . Kegiatan Utama mana yang dilakukan rekanan? 
  9. Cost Structure- Struktur biaya menjalaskan berbagai biaya yang muncul untuk menjalankan model bisnis yang telah kita rancang. Apa biaya-biaya paling penting untuk menjalankan model bisnis kita? Sumberdaya utama mana yang paling mahal? Kegiatan Utama mana yang paling mahal? Sumber daya yang paling mahal ialah di produksi dan promosi

Tinggalkan Komentar

Disqus Comments